Tips Menidurkan Bayi Pada Malam Hari

Banyak sekali penyebab bayi ibu terbangun pada malam hari. Bisa saja disebabkan karena ia kelaparan, atau mungkin minta diberi kenyamanan, seperti pelukan ibu. Gangguan suara pada malam hari juga bisa menyebabkan si kecil terbangun atau mereka masih dalam masa pertumbuhan gigi. Jika bayi anda terbangun pada jam-jam subuh, maka jam tidur ibu juga akan terganggu. Kurang tidur dan kelelahan akan sangat mengganggu aktivitas ibu.

Maka dari itu dalam artikel ini akan mencoba membahas Tips Menidurkan Bayi Pada Malam Hari agar tidur ibu bisa lebih efektif dan tidak terganggu :

1. Buat Aktivitas Siang Hari yang Hidup dan Ramai

Dan sebaliknya buat suasana malam hari yang tenang dan damai. Hal ini akan membantu si kecil dalam mengadaptasikan jam tidurnya dan membedakan antara siang hari dan malam hari.

2. Berikan Si Kecil Kesempatan Untuk Tertidur Dengan Sendirinya

Ibu bisa memulai cara ini pada awal minggu ke enam ketika tubuh si kecil sudah mulai beradaptasi dengan waktu tidur. Tempatkan si kecil di box bayi ketika ia terlihat mengantuk, namun masih terbangun. Jika ibu terbiasa memberi makan agar ia tertidur, maka cara ini akan menjadi sebuah kebiasaan baginya.

3. Mulailah Dengan Mandi dan Kenakan Baju Tidur

Mandi sore dengan air hangat dapat membuat bayi tenang, setelahnya kenakan baju tidur yang terbuat dari kain nyaman dan lembut untuk kulit si kecil. Cara ini dapat membantu si kecil bisa tidur dengan tenang tanpa gangguan.

4. Ketika Si Kecil Berusia Enam Bulan, Berikan Ia Benda Favorit

Misalnya, ibu dapat memberikanya selimut yang nyaman, boneka binatang atau mungkin hal-hal lainnya. Pada umur enam bulan, si kecil akan paham bahwa ibu tidak setiap saat dapat berada di samping mereka. Maka dari itu, objek yang menjadi favorit si kecil akan menjadi teman yang menenangkan si kecil, sehingga si kecil akan merasa nyaman saat tidur di box.

5. Jangan biarkan bayi tidur siang terlalu lama

Hal ini sangat berpengaruh terhadap tidur si kecil di malam hari. Ketika ibu membiarkan si kecil tertidur lama pada siang hari, ia akan menjadi lebih aktif pada malam hari. Hal ini dikarenakan si kecil belum bisa membedakan mana siang dan malam hari.

METODE TIDUR YANG BISA DICOBA

Ketika si kecil sudah menginjak umur enam bulan ke atas, ibu bisa mencoba metode tangisan yang terkontrol, di mana ibu membiarkan si kecil menangis dalam jangka waktu tertentu namun ibu memperpanjang durasinya setiap kali si kecil menangis kembali. Para ahli menyarankan untuk meningkatkan interval selama dua menit sampai dengan sepuluh menit.

Pada awalnya memang sulit untuk membiarkan si kecil menangis meskipun hanya sebentar saja. Ibu harus yakin bahwa metode ini akan berhasil dan memberikan dampak positif pada si kecil. Penelitian mengatakan bahwa metode ini tidak akan membahayakan, bahkan akan membantu si kecil tertidur. Tetapi jangan sampai ibu membiarkan si kecil menangis sepanjang malam. Jika metode ini belum berhasil, masih banyak strategi lain yang bisa ibu pelajari.

1. Pelukan Hangat

Pelukan yang hangat dan nyaman akan membantu si kecil tertidur dengan nyaman. Baringkan si kecil  kedalam pelukan anda. Ibu disarankan untuk berpura-pura tertidur, agar si kecil tahu bahwa sekarang adalah saatnya tidur.

2. Berbagi Tugas Dengan Pasangan

Jangan biarkan ibu atau pasangan bekerja sendiri setiap kali menidurkan si kecil, agar si kecil terbiasa dalam pelukan kedua orangtuanya.

3. Pastikan Kebutuhan Si Kecil

Sebelum menidurkan si kecil, pastikan ia telah makan dengan cukup, popok tidak kotor atau basah, baju yang dikenakan cukup nyaman, dan lainnya.

Sekian artikel mengenai Tips Menidurkan Bayi Pada Malam Hari, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel mengenai :

By | 2018-03-28T07:55:30+00:00 Desember 5th, 2017|Kecerdasan & Pertumbuhan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment