Tips Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Saat anak sakit tentunya orangtua merasa khawatir. Biasa anak sering sakit pada saat usia balita. Banyak faktor yang mempengaruhi yaitu ketika anak sudah masuk sekolah, saat temannya sakit, anak mudah tertular. Orangtua yang sering membawa anak-anak ke tempat umum, padahal ditempat umum banyak sekali bakteri dan virus. Anak-anak yang masih suka memasukkan segala sesuatu ke mulut. Banyak faktor yang mempengaruhi anak mudah sakit, padahal ibu sudah memberikannya banyak vitamin. Hal ini dikarenakan sistem imum anak belum berkembang secara sempurna layaknya orang dewasa. Dalam artikel ini Little Boss World akan membagikan Tips Agar Anak Tidak Mudah Sakit.

1. Berikan ASI Eksklusif

ASI Eksklusif adalah ASI yang diberikan sejak bayi baru lahir sampai dengan usia enam bulan, tanpa pendamping lainnya. ASI dapat membantu pembentukan sistem imun tubuh anak menjadi lebih baik

2. Pastikan Kehigenisan Perlengkapan Bayi

Cucilah dengan bersih segala perlengkapan bayi mulai dari perlengkapan makan, minum, baju, hingga mainan.

3. Berikan Imunisasi Tepat Pada Waktunya

Imunisasi penting untuk memberikan kekebalan tubuh anak terhadap suatu penyakit

Baca artikel mengenai :

IMUNISASI WAJIB BAGI BAYI

Imunisasi Wajib Bagi Bayi

4. Istirahat Yang Cukup

Bayi sampai anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Dengan tidur energi si kecil akan kembali dan membentuk lagi kekebalan tubuhnya.

5. Berikan Buah dan Sayur Dalam Menu Makan Hariannya

Cara yang paling tepat agar si kecil menyukai buah dan sayur adalah memperkenalkannya sejak dini. Buah dan sayur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

6. Berikan Madu Secara Rutin

Madu boleh diberikan kepada anak diatas usia dua tahun. Madu memiliki kandungan anti virus, anti kuman dan kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

7. Hindari Makanan Instan dan Jajanan Yang Tidak Sehat

Sebelum membeli jajanan pinggir jalan, pastikan dulu kebersihan dan kandungan gizinya. Jajanan yang paling sehat adalah jajanan yang dibuat sendiri, karena kita bisa mengetahui bahan-bahan yang digunakan, tingkat kebersihannya, dan kandungan gizinya.

8. Mengajarkan Si Kecil Untuk Hidup Sehat

Kebiasaan hidup sehat harus ditanamkan sejak kecil. Kebiasaan hidup sehat diantaranya, rajin menggosok gigi, cuci tangan sebelum makan, dan lain-lain.

9. Jauhkan Si Kecil Dari Asap Rokok

Kekebalan tubuh si kecil masih belum sempurna. Pastikan si kecil mendapatkan udara yang baik. Untuk orangtua yang mau merokok, sebaiknya jauh-jauh dulu dari si kecil.

10. Pastikan Si Kecil Mendapatkan Kebutuhan Gizinya

Pastikan si kecil mendapatkan gizi yang seimbang seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lain-lain.

11. Ajarkan Si Kecil Untuk Rajin Berolahraga

Kenalkan olahraga sejak dini kepada si kecil. Dengan rajin berolahraga tubuh si kecil bisa menjadi lebih bugar. Ibu bisa mulai memperkenalkan olahraga seperti berenang.

Semoga artikel tentang Tips Agar Anak Tidak Mudah Sakit bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel mengenai :

By | 2018-02-23T08:12:55+00:00 Februari 23rd, 2018|Nutrisi & Kesehatan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment