Sudah Mendekati HPL Tapi Bayi Masih Betah Didalam

Sudah mendekati HPL, tapi kok si kecil masih betah aja nih didalam? Seperti belum mau keluar. Tentu sebagai calon ibu cemas ya, selain itu ada keinginan besar segera bertemu dengan buah hati. Dalam artikel ini, Little Boss World akan membagi informasi mengenai Sudah Mendekati HPL Tapi Bayi Masih Betah Didalam. Selamat membaca

DEFINISI HPL

HPL (Hari Perkiraan Lahir) adalah hari perkiraan kelahiran yang dihitung saat usia kandungan menginjak usia 40 minggu. Sebenarnya HPL ini hanya perkiraan kasar saja. Kelahiran bayi dikatakan cukup bulan saat usia kehamilan menginjak usia 37 minggu sampai 42 minggu. Jadi persalinan yang sudah cukup umur jika usia kehamilan ibu berada pada rentang 37 minggu sampai 42 minggu. Pada usia ini, janin sudah berkembang secara sempurna.

Namun jika usia kehamilan ibu sudah mencapai 40 minggu, namun belum ada tanda-tanda si kecil mau lahir, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan ibu. Pada minggu ke-41 jika belum ada tanda-tanda persalinan, biasa dokter memutuskan untuk melakukan tindakan.

Kehamilan lebih dari usia 42 minggu, tidak dianjurkan karena ari-ari tidak dapat memenuhi kecukupan nutrisi bayi, sehingga dikhawatirkan kondisi bayi tidak baik.

PERUBAHAN YANG TERJADI

Pada usia kehamilan 37 minggu, berat badan ibu akan sedikit bertambah dikarenakan cairan ketuban semakin berkurang. Mungkin ada juga beberapa ibu yang sudah sering mengalami kontraksi palsu. Keluarnya lendir merupakan salah satu pertanda persalinan ibu sudah semakin dekat. Jangan lupa untuk mempersiapkan kebutuhan persalinan ibu. Jangan lupa juga untuk mengemas pakaian ayah dan bayi ya bu.

BEBERAPA KONDISI PERSALINAN YANG DAPAT TERJADI

Walaupun ibu, keluarga dan dokter sudah mempersiapkan segalanya dengan sangat matang, kondisi persalinan saat hari H tidak dapat ditebak. Jadi sebaiknya ibu perlu mengantisipasi segala kemungkinan dan selalu siap. Yang penting bayi lahir dengan selamat, betulkan bu? Berikut beberapa kondisi persalinan yang dapat terjadi :

1. Induksi, diberikan pada kondisi-kondisi dimana janin memiliki gangguan kesehatan atau terjadi pecah ketuban terlebih dahulu. Induksi diberikan untuk mempercepat pembukaan dan persalinan

2. Breech Birth, yaitu persalinan yang sulit dikarenakan pantat bayi keluar lebih dahulu. Yang normal adalah kepala bayi harus keluar dulu,dikarenakan adalah kepala merupakan bagian bayi yang paling keras dan paling susah dikeluarkan.

3. Operasi caesar, biasa dilakukan jika ada kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan bayi dikeluarkan melalui persalinan normal

KAPAN HARUS KE RUMAH SAKIT

Berikut tanda-tanda yang mengharuskan ibu segera ke rumah sakit :

1. Ketuban pecah

2. Jika sudah mengalami kontraksi setiap 45 detik hingga satu menit, dan terjadi setidaknya lima menit sekali.

Tips buat yang jarak dari rumah ke rumah sakit cukup jauh, sebaiknya ibu ke rumah sakit jika sudah terasa ada kontraksi.

TIPS MEMPERCEPAT PERSALINAN

Berikut beberapa tips yang dapat dipraktekan untuk mempercepat persalinan.

1. Tetap aktif berjalan-jalan, minimal 30 menit sehari

2. Melakukan senam hamil

3. Melakukan hubungan seksual. Hentikan jika terjadi kontraindikasi seperti perdarahan jalan lahir, letak ari-ari dibawah.

4. Rangsanglah puting susu ibu secara rutin untuk merangsang produksi hormon oksitosin yang dapat membantu terjadinya kontraksi rahim.

Semoga artikel tentang Sudah Mendekati HPL Tapi Bayi Masih Betah Didalam bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel terkait :

By | 2018-02-15T05:03:04+00:00 Februari 15th, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment