Sepuluh Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Anak

Nutrisi dibutuhkan oleh setiap anak karena pada masa itulah mereka bertumbuh dan berkembang. Salah satunya dipengaruhi oleh faktor makanan. Berikut terdapat sepuluh nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk menunjang tumbuh kembangnya.

KALSIUM

Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi agar menjadi kuat, meningkatkan kesehatan saraf dan fungsi otot, membantu pembekuan darah, dan membantu tubuh untuk mencerna makanan menjadi energi. Sekitar 99 persen kalsium tubuh tersimpan di tulang dan gigi. Dan karena tulang anak sedang mengalami pertumbuhan sepanjang waktu, mereka memerlukan persediaan kalsium untuk mendukung pertumbuhan tersebut.

Penting untuk diperhatikan, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Jadi, pastikan anak mendapatkan vitamin D yang cukup setiap harinya.

DAMPAK PEMBERIAN KALSIUM YANG TERLALU BERLEBIHAN

Institute of Medicine menganjurkan agar anak-anak dibawah usia satu sampai delapan tahun tidak mengkonsumsi lebih dari 2.500 mg kalsium setiap harinya (Setara dengan delapan gelas susu). Terlalu banyak mengkonsumsi kalsium bisa menyebabkan sembelit.

BERAPA BANYAK KALSIUM YANG DIBUTUHKAN?

Usia satu sampai tiga tahun sebanyak 700 milligrams (mg) harian

Usia empat sampai delapan tahun sebanyak 1.000 milligrams (mg) harian

Anak tidak harus mendapatkan kalsium sesuai jumlah yang direkomendasikan setiap harinya. Jumlah diatas hanya merupakan rata-rata jumlah kalsium yang dibutuhkan selama dalam satu minggu.

SUMBER KALSIUM TERBAIK

Produk susu seperti susu, yogurt, dan keju adalah beberapa sumber kalsium terbaik. Kandungan kalsium tidak terpengaruh oleh lemak, tetapi lemak dalam produk susu memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Anak dibawah usia dua tahun memerlukan setengah kalori yang berasal dari lemak untuk pertumbuhan dan perkembangan otak mereka. Disarankan anak dibawah usia dua tahun mengkonsumsi susu berlemak penuh (kecuali dokter menyarankan sebaliknya). Untuk anak usia diatas dua tahun membutuhkan sedikit kalori dari lemak, maka sebaiknya mereka mengkonsumsi susu rendah lemak (atau tidak berlemak) untuk mendapatkan berat badan yang proporsional.

TIPS MEMAKSIMALKAN ASUPAN KALSIUM ANAK

Saat ini banyak anak-anak yang kekurangan kebutuhan kalsium harian mereka. Hal ini dikarenakan minuman jus dan non-diary (produk selain susu) lainnya begitu populer. Berikut beberapa langkah agar kebutuhan kalsium anak tercukupi :

  1. Pada saat menyiapkan sereal untuk anak, gunakan susu (jangan menggunakan air hangat)
  2. Gunakan susu evaporasi sebagai pengganti susu biasa dalam resep makanan anak. Susu evaporasi adalah susu sapi yang 60% kadar airnya dihilangkan dari susu segar.
  3. Hidangkan buah yang ditambah dengan yoghurt setiap harinya sebagai cemilan sehat anak.
  4. Pada saat membuat roti, masukkan bubuk susu tanpa lemak ke dalam adonan

ASAM LEMAK ESENSIAL (ESSENTIAL FATTY ACIDS atau EFAs)

Asam lemak esensial sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak-anak. Asam lemak esensial penting karena jenis lemak yang terdapat dalam makanan dan tidak diproduksi oleh tubuh. Asam lemak esensial membantu membangun sel, mengatur sistem saraf, memperkuat sistem kardiovaskular, membangun sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh menyerap nutrisi, dan penting untuk fungsi dan penglihatan otak kita. Asam lemak esensial terdiri atas Omega-6 dan Omega-3, yang merupakan lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, orang Amerika lebih banyak mengkonsumsi Omega-6 dibandingkan Omega-3. Padahal ketidakseimbangan tersebut dapat menganggu respon kekebalan dan inflamasi dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

JENIS-JENIS OMEGA-3

Ada tiga jenis utama asam lemak Omega-3 :

  1. Asam alfa-linolenat (ALA)

adalah asam lemak yang ditemukan di flaxseeds, kenari, kangkung, dan minyak kedelai. Saat dikonsumsi, tubuh sebagian mengubah ALA menjadi DHA dan EPA. (Ini juga ditemukan pada beberapa jenis lemak hewani.)

Keterangan : Flaxseeds

  1. Asam docosahexaenoic (DHA) dan Asam eicosapentaenoic (EPA).

Dapat ditemukan pada ikan berlemak, termasuk salmon, mackerel, sarden, dan lain-lain. DHA sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. DHA juga bagus untuk ibu hamil dan menyusui.

Disarankan untuk mengkonsumsi Omega-3 yang berasal dari tanaman dan ikan.

BERAPA BANYAK OMEGA-6 DAN OMEGA-3 YANG DIBUTUHKAN OLEH ANAK

Usia satu sampai tiga tahun :

  • 7.000 milligram (mg) atau 7 gram Omega-6 harian
  • 700 mg atau 0,7 gram, Omega-3 harian

Usia empat sampai delapan tahun :

  • 10.000 mg atau 10 gram, Omega-6 harian
  • 900 mg atau 0,9 gram, Omega-3 harian

Lemak Omega-6 biasanya banyak ditemukan dalam makanan, biasanya berasal dari makanan olahan yang mengandung minyak, seperti minyak kedelai. Sehingga sebaiknya ibu lebih fokus untuk memperhatikan asupan Omega-3 pada anak. Anak tidak harus mendapatkan nutrisi Asam Lemak Esensial ini setiap harinya, jumlah kebutuhan yang disarankan diatas merupakan rata-rata selama seminggu.

DAMPAK JIKA MENGKONSUMSI ASAM LEMAK ESENTIAL BERLEBIHAN

Anak disarankan tidak mengkonsumsi asam lemak esential secara berlebihan. Ibu bisa memilih makanan yang menganduk lemak Omega-3 dan menghindari lemak trans (dan lemak jenuh). Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol LDL (jahat) dan menurunkan HDL (baik). Mengkonsumsi terlalu banyak lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe-2. Lemak jenuh biasanya berasal dari hewan seperti daging (khususnya berlemak), krim, mentega dan keju.

ZAT BESI

Zat besi penting untuk membuat hemoglobin, pigmen merah pembawa oksigen dalam darah, dan mioglobin, dan pigmen yang menyimpan oksigen di otot. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, sehingga terjadi kelelahan dan kelemahan. Zat besi juga mempengaruhi perkembangan otak, jadi anemia juga bisa menyebabkan masalah jangka panjang dengan perkembangan kognitif. Kekurangan zat besi yang parah bisa mengancam jiwa.

BERAPA BANYAK ZAT BESI YANG DIBUTUHKAN?

Usia satu sampai tiga tahun, 7 mg per hari

Usia empat sampai delapan 10 mg harian.

Jumlah yang disarankan diatas, hanya merupakan rata-rata kebutuhan zat besi dalam beberapa hari atau satu minggu. Jika anak  termasuk vegetarian, sebaiknya ibu memberikan zat besi dua kali lebih banyak, karena zat besi dari sumber non-hewani lebih sulit diserap tubuh. Untuk anak vegetarian, sebaiknya tambahkan juga makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, strawberry, paprika merah, paprika hijau, pepaya, brokoli, jeruk bali, blewah, tomat, mangga dan ubi jalar.

SUMBER MAKANAN YANG MENGANDUNG ZAT BESI

Zat besi didapatkan dari makanan yang mengandung hewani seperti daging, makanan laut, unggas, dan telur. Jenis makanan tersebut mudah diserap tubuh. Sementara yang non hewani, zat besi bisa didapatkan pada sayuran hijau, kacang polong, roti, biji-bijian dan buah yang dikeringkan.

DAMPAK JIKA MENGKONSUMSI ZAT BESI BERLEBIHAN

Menurut Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, tingkat asupan maksimum zat besi untuk anak usia 13 tahun atau kurang adalah 40 mg per hari. Zat besi juga dapat diperoleh dari suplemen, namun anak tidak disarankan mendapatkan asupan zat besi yang berasal dari suplemen. Kelebihan zat besi yang berasal dari suplemen dapat menyebabkan keracunan pada anak, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, bahkan kematian. Jika ibu meragukan apakah anak sudah mendapat asupan zat besi yang memadai, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak.

MAGNESIUM

Magnesium membantu tubuh untuk menjaga tulang tetap kuat dan ritme jantung tetap stabil. Selain itu, magnesium mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga fungsi otot dan syaraf.

BERAPA BANYAK MAGNESIUM YANG DIBUTUHKAN?

Usia satu sampai tiga tahun, 80 mg harian

Usia empat sampai delapan tahun, 130 mg harian

Jumlah yang disarankan diatas, hanya merupakan rata-rata kebutuhan magnesium dalam beberapa hari atau satu minggu

 

SUMBER MAGNESIUM

Magnesium bisa diperoleh dari suplemen, magnesium tidak bisa diperoleh melalui makanan. Terlalu banyak mengkonsumsi suplemen yang mengandung magnesium dapat menyebabkan diare, kram perut, dan bisa menjadi racun. Tingkat asupan maksimal suplemen magnesium yang dapat disarankan dalam bentuk suplemen adalah 65 mg per hari untuk anak-anak usia satu sampai tiga tahun, 110 mg per hari untuk anak-anak usia empat sampai delapan tahun.

KALIUM

Kalium bekerja dengan sodium untuk mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, yang membantu menjaga tekanan darah. Kalium juga membantu fungsi otot dan irama jantung dan, di kemudian hari, dapat mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis.

BERAPA BANYAK KALIUM YANG DIBUTUHKAN?

Usia satu sampai tiga tahun, 3.000 mg per hari

Usia empat sampai delapan tahun, 3.800 mg per hari.

Jumlah yang disarankan diatas, hanya merupakan rata-rata kebutuhan kalium dalam beberapa hari atau satu minggu

SUMBER MAKANAN YANG MENGANDUNG KALIUM

Ibu bisa mendapatkan kalsium pada buah dan sayuran, susu, daging dan cereal.

 

DAMPAK JIKA MENGKONSUMSI KALIUM BERLEBIHAN

The Institute of Medicine belum menentukan secara pasti tingkat asupan maksimum kalium yang dianggap aman. Terlalu banyak kalium dapat menyebabkan hyperkalemia, yaitu suatu keadaan dimana jumlah kalium yang terdapat didalam darah berada diatas 5 mEg/L darah. Sebaliknya kekurangan kalium dapat menyebabkan hipokalemia. Dampak jika kelebihan atau kekurangan kalium adalah mudah lelah, otot lemah, kram, masalah usus dan irama jantung yang tidak normal.

VITAMIN A

Vitamin A memainkan peran penting dalam penglihatan dan pertumbuhan tulang dan membantu melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin A juga membantu pertumbuhan sel dan jaringan di tubuh, terutama di rambut, kuku, dan kulit.

BERAPA BANYAK VITAMIN A YANG DIBUTUHKAN?

Usia satu sampai tiga tahun, 300 microgram (mcg) per hari

Diatas usia empat tahun, 400 mcg per hari

Jumlah yang disarankan diatas, hanya merupakan rata-rata kebutuhan kalium dalam beberapa hari atau satu minggu

SUMBER VITAMIN A TERBAIK

Buah dan sayuran yang berwarna, seperti wortel, ubi, bayam, kubis, blewah, paprika merah, mangga, oatmeal, brokoli, kacang polong, tomat, telur, keju cheddar, paprika hijau, buah persik, pepaya, dan lain-lain

DAMPAK JIKA MENGKONSUMSI VITAMIN A BERLEBIHAN

Vitamin A biasa banyak terdapat dalam non-hewani, meskipun ada juga yang terdapat dalam produk hewani. Mengkonsumsi banyak vitamin A yang berasal dari non-hewani sangat baik. Namun, jika anak (atau dewasa) mengkonsumsi terlalu banyak kulit, kulit akan berubah warna menjadi oranye. Namun perubahan warna kulit ini akan kembali, jika makan diet seimbang. Badan makanan dan gizi dari Institute of Medicine menyarankan jumlah maksimum vitamin A yang dikonsumsi per hari yaitu, anak dibawah usia satu sampai tiga tahun kurang dari 600 mcg, usia empat sampai delapan tahun kurang dari 900 mcg. Mengkonsumsi vitamin A terlalu banyak dapat menyebabkan mual dan muntah, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, dan kurangnya koordinasi otot. Efek jangka panjang meliputi osteoporosis, masalah hati, dan gangguan pada sistem syaraf pusat.

VITAMIN C

Vitamin C memiliki beberapa peranan dalam tubuh diantaranya :

  1. Membantu membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, dan jaringan
  2. Membantu gusi anak tetap sehat dan memperkuat pembuluh darah
  3. Meminimalkan memar akibat jatuh dan goresan
  4. Membantu luka cepat sembuh
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  6. Membuat anak terhindar dari infeksi.
  7. Membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan.
  8. Anak-anak yang banyak terkena asap rokok lebih banyak membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akibat asap rokok

BERAPA BANYAK VITAMIN C YANG DIBUTUHKAN?

Usia satu sampai tiga tahun, 15 mg harian

Diatas usia empat tahun, 25 mg harian

Jumlah yang disarankan diatas, hanya merupakan rata-rata kebutuhan vitamin C dalam beberapa hari atau satu minggu. Vitamin C ini banyak terdapat dalam makanan, sehingga risiko anak kekurangan vitamin C sangat kecil. Untuk memastikan apakah anak mendapatkan cukup vitamin C, sebaiknya ibu perlu berkonsultasi dengan dokter anak.

SUMBER VITAMIN C TERBAIK

Ibu bisa mendapatkan vitamin C pada buah dan sayuran yang berwarna cerah, diantaranya jambu biji, jeruk, paprika merah, pepaya, kiwi, brokoli, strawberry, jeruk bali, melon, mangga, tomat, bayam, kentang (sebaiknya dimasak tanpa kulit), pisang, dan lain-lain.

DAMPAK JIKA MENGKONSUMSI VITAMIN C BERLEBIHAN

Vitamin C larut dalam air, sehingga jika kelebihan vitamin A akan dikeluarkan melalui air seni. Badan makanan dan gizi dari Institute of Medicine menyarankan jumlah maksimum vitamin C yang dikonsumsi per hari yaitu, usia satu sampai tiga tahun kurang dari 400 mg per hari, usia empat sampai delapan tahun kurang dari 650 mg perhari. Kelebihan vitamin C dapat menyebabkan mual, diare, batu ginjal, dan gastritis (radang pada lapisan perut).

VITAMIN D

Vitamin D membantu tubuh menyerap mineral seperti kalsium, membuat gigi dan tulang menjadi kuat, membantu sistem kekebalan tubuh, membantu memproduksi insulin dan membantu pertumbuhan sel.

BERAPA BANYAK VITAMIN D YANG DIBUTUHKAN?

Bayi hingga usia 12 bulan, 10 mcg harian

Usia diatas satu tahun, 15 mcg harian

Jumlah yang disarankan diatas, hanya merupakan rata-rata kebutuhan vitamin D dalam beberapa hari atau satu minggu.

SUMBER VITAMIN D TERBAIK

Vitamin D dapat diperoleh saat kulit terkena sinar matahari. Disarankan, anak berjemur dibawah sinar matahari pagi selama lima sampai 30 menit, minimal dilakukan dua kali seminggu. Jangan berjemur saat matahari lagi terik, karena radiasi UV dari matahari sangat berbahaya untuk kulit. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin D, yaitu salmon, yoghurt, tuna kalengan, jeruk, susu, cereal, telur, keju, dan lain-lain.

DAMPAK JIKA MENGKONSUMSI VITAMIN D BERLEBIHAN

Justru mayoritas anak-anak kekurangan vitamin D. Untuk memastikan apakah anak ibu mendapat cukup vitamin D, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak.

VITAMIN E

Vitamin E meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan kuman. Vitamin E juga membuat pembuluh darah terbuka cukup lebar agar darah mengalir bebas, dan membantu sel-sel tubuh bekerja sama untuk melakukan banyak fungsi penting.

BERAPA BANYAK VITAMIN E YANG DIBUTUHKAN?

Usia satu sampai tiga tahun, 6 mg harian

Usia empat sampai delapan tahun, 7 mg harian

Jumlah yang disarankan diatas, hanya merupakan rata-rata kebutuhan vitamin E dalam beberapa hari atau satu minggu.

SUMBER VITAMIN E TERBAIK

Vitamin E dapat ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Berikut adalah beberapa sumber makanan terbaik vitamin E, yaitu kacang almond, minyak biji gandum, biji bunga matahari, kacang panggang, kiwi, minyak jagung, bayam, brokoli, minyak kedelai, mangga, dan lain-lain.

DAMPAK JIKA MENGKONSUMSI VITAMIN E BERLEBIHAN

Badan makanan dan gizi dari Institute of Medicine menyarankan jumlah maksimum vitamin C yang dikonsumsi per hari yaitu, usia dua sampai tiga tahun dibawah 200 mg harian, empat sampai delapan tahun dibawah 300 mg harian.

ZINC

Lebih dari 70 enzim bergantung pada zinc untuk melakukan perannya dalam pencernaan dan metabolisme. Dan anak-anak yang tidak mendapat cukup zinc berisiko mengalami pertumbuhan kerdil.

BERAPA BANYAK ZINC YANG DIBUTUHKAN?

Usia satu sampai tiga tahun, 3 mg per hari

Usia empat sampai delapan tahun, 5 mg per hari

Jumlah yang disarankan diatas, hanya merupakan rata-rata kebutuhan vitamin E dalam beberapa hari atau satu minggu.

SUMBER ZINC TERBAIK

Zinc dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan. Beberapa makanan yang mengandung zinc, diantaranya kacang panggang, daging sapi, sereal siap saji, yoghurt rendah lemak, oatmeal siap saji, ayam, keju, kacang polong, keju mozarella, dan lain-lain.

DAMPAK JIKA MENGKONSUMSI ZINC BERLEBIHAN

Badan makanan dan gizi dari Institute of Medicine menyarankan jumlah maksimum zinc yang dikonsumsi per hari yaitu, usia satu sampai tiga tahun 7 mg, usia empat sampai delapan tahun 12 mg. Kelebihan zinc dapat menyebabkan mual dan muntah, kram perut, diare dan sakit kepala. Untuk jangka panjang dapat menyebabkan efek toksik jangka panjang.

Semoga artikel tentang Sepuluh Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Anak bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel mengenai :

By | 2018-02-13T08:24:08+00:00 Januari 3rd, 2018|Nutrisi & Kesehatan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment