Perkembangan Janin Tujuh Minggu

Memasuki usia kehamilan minggu ketujuh ini, masih ada beberapa ibu yang merahasiakan mengenai kehamilannya. Apakah ibu termasuk salah satunya? Sampai pada usia kehamilan tujuh minggu ini mungkin orang-orang sekitar juga belum menyadari bahwa anda sedang hamil. Dalam artikel ini, Little Boss World akan membahas mengenai Perkembangan Janin Tujuh Minggu. Nikmati rahasia kecilmu ini, bu.

PERKEMBANGAN JANIN USIA TUJUH MINGGU

Pada usia kehamilan tujuh minggu, janin ibu sebesar ukuran Blueberry.

Pada usia kehamilan ini, panjang janin ibu sekitar 12 mm. Janin ibu sudah nampak terlihat seperti bayi.

Kehamilan tujuh minggu berarti usia kehamilan satu bulan lebih dua minggu

GEJALA YANG DIRASAKAN

Kehamilan tujuh minggu ini ibu sudah merasakan beberapa gejala kehamilan. Namun ada juga ibu-ibu yang tidak merasakan gejala kehamilan tersebut. Beberapa gejala yang mungkin ditemui pada kehamilan usia tujuh minggu :

1. Mual

Ibu akan merasakan morning sickness yang semakin parah pada kehamilan usia tujuh minggu. Untuk ibu yang merasa sangat terganggu, ibu bisa berkonsultasi pada dokter kandungan. Selain itu ibu bisa juga mengkonsumsi jahe, vitamin B6 atau menggunakan gelang akrupresure untuk mengurangi rasa mual. Biasanya hormon kehamilan ini akan kembali normal pada trimester kedua.

Baca artikel terkait :

Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

2. Ngidam atau Menolak Makanan Tertentu

Ada sebagian ibu yang ngidam makanan tertentu, dan biasanya makanan yang diinginkan aneh-aneh. Siap-siap untuk para suami ya. Atau bahkan beberapa ibu menolak makanan tertentu, dimana sebelumnya ibu baik-baik saja. Menolak makanan tertentu adalah cara alami tubuh untuk menjauhkan ibu dari makanan-makanan yang berpotensi membahayakan. Selama hamil, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Ibu juga memiliki hasrat buang air kecil terus menerus, dikarenakan rahim ibu telah berlipat ganda dan aliran darah sudah meningkat ke panggul.

3. Jerawat

Munculnya jerawat disebabkan karena adanya perubahan hormon. Biasanya ibu hamil disarankan untuk tidak menggunakan obat jerawat. Sebaiknya gunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat atau berkonsultasi dengan dokter kandungan ibu.

4. Air Liur Berlebihan (Hyper Saliva)

Ini gejala yang tidak diharapkan. Air liur berlebihan ini dikarenakan karena hormon kehamilan. Gejala ini akan berkurang pada trimester kedua.

5. Perubahan Mood

Ibu akan merasakan adanya perubahan mood yang esktrim. Istirahatlah lebih banyak dan makan secara teratur.

6. Kram dan Bercak

Kram dan bercak pada awal kehamilan merupakan hal normal. Bercak juga dapat terjadi setelah berhubungan seksual. Waspadai jika kram dan bercak ini disertai dengan sakit perut yang parah (lebih sakit dari kram) atau jika terjadi pendarahan hebat. Langsung konsultasikan ke dokter.

Untuk beberapa ibu hamil yang tidak merasakan gejala apapun, termasuk beruntung. Justru beberapa ibu yang tidak mengalami gejala apapun merasa khawatir. Tenang saja bu, tiap wanita hamil memiliki gejala yang berbeda-beda. Namun jika ibu menemukan masalah atau perasaan tidak tenang, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan.

PERUT IBU PADA KEHAMILAN TUJUH MINGGU

Ukuran perut ibu mungkin belum nampak adanya perubahan. Namun jika ibu hamil kembar, mungkin perut ibu sudah mulai terlihat.

USG KEHAMILAN TUJUH MINGGU

Betapa menakjubkannya, pada kehamilan tujuh minggu ini sistem pencernaan pada janin sudah mulai berkembang, beberapa jalur pernafasan sudah mulai terbentuk, ginjal sudah berada pada tempatnya dan sudah mulai berfungsi mengatur cairan pada tubuh janin, mulut dan lidah sudah terbentuk, dan tangan dan kaki sudah mulai bertumbuh.

Pada usia kehamilan tujuh minggu ini, bisa jadi merupakan kunjungan pertama ibu ke dokter kandungan. Lakukan USG untuk melihat janin dalam keadaan sehat dan tanyakan mengenai HPL (Hari Perkiraan Lahir).

Ibu pasti bersemangat ya untuk mengetahui apapun mengenai janin, mungkin ada juga beberapa ibu hamil yang berharap janinnya kembar. Kehamilan kembar biasanya terlihat dengan USG, ibu akan melihat dua kantong gestasional. Selain itu, bisa juga dengan tes darah untuk kehamilan, dokter akan menemukan tingkat hormon hCG ibu lebih tinggi.

YANG HARUS DILAKUKAN

1. Buatlah beberapa perubahan, terutama mengenai perawatan muka ibu dan kosmetik yang digunakan. Sebaiknya gunakan bahan-bahan yang aman.

Baca artikel terkait :

Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

2. Cari tahu obat-obatan apa saja yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil

Semoga artikel tentang Perkembangan Janin Tujuh Minggu bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel terkait :

By | 2018-03-15T02:56:10+00:00 Februari 28th, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment