Perkembangan Janin Sembilan Minggu

Memasuki kehamilan sembilan minggu ada banyak perubahan yang terjadi, bukan hanya pada tubuh ibu, namun dalam kehidupan ibu dan ayah. Ayah dan ibu mulai memikirkan finansial untuk mempersiapkan anggaran dalam mempersiapkan kelahiran si kecil. Dalam artikel ini, Little Boss World akan membahas mengenai Perkembangan Janin Sembilan Minggu.

PERKEMBANGAN JANIN USIA SEMBILAN MINGGU

Kehamilan sembilan minggu adalah kehamilan menginjak dua bulan. Saat ini bayi ibu sudah berupa janin. Pada usia kehamilan sembilan minggu, janin ibu sebesar ukuran Cherry. panjang janin ibu sekitar 2 cm.

GEJALA YANG DIRASAKAN

Saat ini hormon kehamilan hCG berada pada puncaknya. Mungkin pada usia inilah, gejala kehamilan bertambah parah. Berikut beberapa gejala kehamilan sembilan minggu yang mungkin dirasakan :

1. Perubahan Suasana Hati

Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon saat hamil, dan gejala-gejala lainnya seperti mual dan kelelahan. Ibu bisa memperbanyak waktu istirahat dan bersantai.

Baca artikel mengenai :

2. Sering Buang Air Kecil

Hal ini dikarenakan rahim ibu berkembang dan adanya aliran darah ke daerah panggul. Ibu dianjurkan terus memenuhi asupan air putih agar terhindar dari dehidrasi.

3. Hidung Tersumbat

Kehamilan dapat menyebabkan produksi lendir dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

4. Kelelahan

Hal ini dikarenakan hormon ibu sedang berfluktuasi, dimana tubuh menghasilkan lebih banyak darah untuk bayi. Tekanan darah dan kadar gula menjadi lebih rendah. Sebaiknya, ibu lebih banyak istirahat. Jangan lupa untuk perbanyak ngemil makanan sehat.

5. Morning Sickness

Sekitar 80 persen ibu hamil mengalami morning sickness. Morning sickness akan bertambah parah jika ibu hamil kembar. Lakukan beberapa cara untuk mengurangi morning sickness ini. Ibu bisa mencoba mengkonsumsi jahe, makanan ringan, dan vitamin B6.

Baca artikel mengenai :

Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

6. Sakit Kepala

Perubahan hormon pada masa kehamilan juga dapat membuat ibu merasa sakit kepala. Ibu dapat makan lebih sering dengan porsi sedikit, perbanyak istirahat, dan banyak minum air putih. Untuk meredakan sakit kepala, ibu dapat mengkompresnya dengan menggunakan air hangat atau dingin. Sebelum ibu memutuskan untuk mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan ibu

PERUT IBU PADA KEHAMILAN SEMBILAN MINGGU

Banyak ibu hamil yang sudah merasakan bahwa celana jeans nya sudah susah dikancingkan. Hal ini dikarenakan rahim ibu sudah mulai berkembang seiring dengan perkembangan janin. Beberapa ibu sudah menemukan bahwa perut bagian bawah terasa agak kencang.

Ada beberapa ibu yang sudah mengalami pertambahan berat badan, namun ada juga yang belum. Untuk penambahan berat badan, biasanya didasarkan pada indeks IMT.

Jika ibu tidak naik berat badan atau justru turun, mungkin ibu sedikit khawatir ya. Sebenarnya hal ini masih tergolong wajar karena gejala kehamilan yang masih ibu rasakan. Saat trimester kedua biasanya gejala kehamilan akan berangsur menghilang dan nafsu makan akan kembali. Ibu hamil yang mengalami mual dan muntah yang sangat parah memerlukan perawatan medis yang intensif untuk memastikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Hiperemesis Gravidarum (HG) didiagnosis saat ibu mengalami sakit yang menyebabkan dehidrasi yang berbahaya. HG merupakan kondisi dimana ibu tidak dapat menyimpan cairan apapun, kehilangan berat badan dalam jumlah yang signifikan, atau pingsan. Jika kondisi ini terjadi pada ibu sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan.

USG KEHAMILAN SEMBILAN MINGGU

Pada saat USG, ibu mungkin sudah bisa detak jantung si kecil. USG kehamilan sembilan minggu biasanya dilakukan secara transvaginal, artinya dokter memasukan alat (yang disebut dengan Probe) ke dalam vagina ibu. Hal ini dikarenakan rahim ibu masih berada di belakang tulang panggul. Probe akan memancarkan gelombang suara, sehingga ibu bisa melihat gambar janin ibu.

Pada usia kehamilan ini, dokter juga akan memastikan bahwa kehamilan ibu normal, artinya bukan kehamilan ektopik atau tubular. Dokter akan menunjukkan kantung kehamilan ibu, kantung kuning telur, dan kutub janin.

Ingat! Pada usia kehamilan sembilan minggu, si kecil sudah berupa janin (bukan lagi embrio). Pada fase embrio, merupakan pembentukan organ utama, yaitu otak, jantung, paru-paru, lengan dan kaki. Setelah menjadi janin, bagian-bagian yang sudah terbentuk tersebut mulai bertumbuh dan berkembang. Pada usia kehamilan ini, akar gigi juga mulai berkembang, telinga mulai terbentuk, dan kelopak mata sudah terbentuk namun belum bisa terbuka.

Tes prenatal yang biasanya dilakukan adalah tes darah untuk menguji kadar hormon, golongan darah, jumlah sel darah putih dan merah, dan pemeriksaan beberapa penyakit tertentu. Selain itu, ibu akan menjalankan tes urine untuk memeriksa kadar protein.

YANG HARUS DILAKUKAN

1. Mempersiapkan anggaran untuk membeli BH khusus hamil (Jika BH ibu saat ini sudah terasa sesak atau tidak nyaman, sebaiknya segera ganti BH ibu)

2. Mulai menabung dan menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan

3. Mulai perbanyak informasi mengenai kehamilan

Semoga artikel tentang Perkembangan Janin Sembilan Minggu bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel terkait :

By | 2018-03-15T02:48:39+00:00 Maret 15th, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment