Perkembangan Janin Enam Minggu

Memasuki usia kehamilan minggu keenam, kehamilan terbilang masih baru ya. Jadi sangat wajar jika ibu merasa lebih emosional. Hal ini disebabkan hormon kehamilan yang menyebabkan gejala awal kehamilan terasa tidak nyaman. Tenang saja bu, ibu akan secara otomatis beradaptasi selama sembilan bulan kehamilan. Dalam artikel ini, Little Boss World akan membahas mengenai Perkembangan Janin Enam Minggu.

PERKEMBANGAN JANIN USIA ENAM MINGGU

Pada usia kehamilan enam minggu, ukuran bayi sebesar kacang lentil. Panjang janin ibu sekitar 8 mm. Ukuran ini akan berlipat ganda dalam beberapa minggu ke depan.

GEJALA YANG DIRASAKAN

Karena masih di awal kehamilan, ibu mungkin belum merasakan gejala pada saat ini. Namun beberapa ibu juga sudah ada yang merasakannya. Berikut gejala kehamilan enam minggu yang paling umum, diantaranya :

1. Kelelahan

Ibu akan merasa sangat kelelahan, karena ibu masih belum terbiasa dengan perubahan hormon. Beristirahatlah lebih banyak.

2. Mual

Morning sickness tidak hanya terjadi di pagi hari, namun bisa terjadi di sepanjang hari. Untuk ibu yang hamil kembar, morning sickness dapat terjadi lebih parah. Sebaiknya, makan secara teratur dengan porsi sedikit dan selalu sediakan cemilan.

Baca artikel mengenai :

Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

3. Payudara terasa sakit

Payudara terasa sakit karena sedang mempersiapkan untuk memproduksi ASI.

4. Sering Buang Air Kecil

Pada kehamilan, ibu akan merasakan lebih sering buang air kecil dari biasanya. Hal ini dikarenakan hormon hCG mengalirkan aliran darah esktra ke daerah panggul. Hal ini termasuk normal. Waspadai jika saat buang air kecil terasa sakit, ditakutkan itu merupakan gejala ISK (Infeksi Saluran Kemih).

5. Kembung

Hormon progesteron pada kehamilan dapat menyebabkan masalah perut. Sebaiknya, minum cukup air dan makan kaya serat untuk menghindari sembelit dan meminimalisasi kembung.

6. Perubahan Mood

Ibu akan merasakan adanya perubahan mood yang esktrim. Istirahatlah lebih banyak dan makan secara teratur.

7. Kram dan Bercak

Kram dan bercak pada awal kehamilan merupakan hal normal. Waspadai jika kram dan bercak ini disertai dengan sakit perut yang parah (lebih sakit dari kram) atau jika terjadi pendarahan hebat. Langsung konsultasikan ke dokter.

PERUT IBU PADA KEHAMILAN LIMA MINGGU

Ukuran perut ibu mungkin belum nampak adanya perubahan. Namun jika ibu hamil kembar, mungkin perut ibu sudah mulai terlihat.

USG KEHAMILAN LIMA MINGGU

Untuk USG kehamilan enam minggu, mungkin pemeriksaan akan dari bawah akan terlihat perkembangan janinnya. Pada usia ini, perkembangan janin sudah dimulai. Janin sudah mulai dapat menggoyang-goyangkan tangan dan kakinya. Selain itu, hidung, mata, telinga, dagu dan pipi sudah mulai bertumbuh.

YANG HARUS DILAKUKAN

  1. Membuat janji dengan dokter kandungan
  2. Lihat lagi apakah polis asuransi ibu bisa menjamin proses persalinan ibu

Semoga artikel tentang Perkembangan Janin Enam Minggu bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel terkait :

By | 2018-03-15T02:56:54+00:00 Februari 20th, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment