Perkembangan Janin Delapan Minggu

Memasuki kehamilan delapan minggu berarti ibu memasuki kehamilan dua bulan. Dalam artikel kali ini, Little Boss World akan membahas mengenai Perkembangan Janin Delapan Minggu

PERKEMBANGAN JANIN USIA DELAPAN MINGGU

Pada usia kehamilan delapan minggu, janin ibu sebesar ukuran Raspberry. Pada usia kehamilan ini, berat janin sekitar empat ons dan panjang janin ibu sekitar 16 mm. Janin tumbuh sekitar satu milimeter setiap harinya

GEJALA YANG DIRASAKAN

Pada usia kehamilan delapan minggu, pengaruh dari hormon kehamilan mungkin mengganggu beberapa ibu hamil. Mungkin ibu merasakan indera penciuman yang semakin tajam sehingga membuat ibu mual, dan masih banyak lagi gejala kehamilan yang ibu rasakan saat ini. Beberapa gejala kehamilan tersebut diantaranya :

1. Nyeri Payudara

Payudara mungkin terasa lebih besar, lebih berat, dan terasa pegal atau nyeri. Hal ini dikarenakan payudara mulai berkembang untuk persiapan menyusui.

2. Kelelahan

Hal ini dikarenakan hormon ibu sedang berfluktuasi, dimana tubuh menghasilkan lebih banyak darah untuk bayi. Tekanan darah dan kadar gula menjadi lebih rendah. Sebaiknya, ibu lebih banyak istirahat. Walaupun pada saat ini, beberapa ibu hamil merasakan susah tidur. Namun, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk lebih banyak beristirahat.

3. Morning Sickness

Beberapa ibu merasakan rasa mual yang semakin parah. Disarankan untuk mengkonsumsi cukup air dan sediakan camilan ringan. Ibu bisa juga mengkonsumsi jahe, vitamin B6 dan menggunakan gelang akupresur untuk membantu mengurangi rasa mual.

Baca artikel mengenai :

Morning sickness pada awal kehamilan

Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

4. Indera Penciuman Lebih Sensitif

Ibu menjadi lebih sensitif terhadap beberapa bau, dimana sebelumnya ibu tidak pernah merasa terganggu dengan bau tersebut. Biasanya indera penciuman yang sensitif ini diiringi dengan mual. Sebaiknya hindari bau-bau tersebut.

5. Kram Perut

Pada saat hamil delapan minggu, kram perut merupakan hal yang normal. Hal ini dikarenakan ligamen di perut membentang saat rahim ibu mengembang. Jika ibu merasa khawatir atau kram semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan pada doker kandungan.

6. Sembelit

Sebanyak 50% ibu hamil mengalami sembelit selama kehamilan. Sebaiknya, minum banyak air, makan cukup buah dan sayur, dan perbanyak jalan. Jika ibu merasa terganggu, ibu bisa mengkonsultasikan ke dokter kandungan.

 7. Mimpi Yang Aneh

Beberapa ibu hamil ada yang mendapatkan mimpi yang aneh dan terkesan nyata. Ini merupakan hal yang normal. Sebagian disebabkan oleh pemikiran dan kecemasan diri.

8. Bercak

Bercak pada masa kehamilan delapan minggu tentunya mengkhawatirkan. Karena sebagian bercak ini bisa menyebabkan keguguran. Tapi ada juga penyebab lain yaitu leher rahim yang menjadi lebih sensitif. Untuk meredakan ketakutan ibu, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter kandungan.

Untuk kehamilan kembar, gejala-gejala bisa dirasakan cukup parah, dikarenakan hormon kehamilan yang lebih tinggi.

Yang sebaiknya diperhatikan, jika ibu merasa mual, lapar terus, atau kelelahan, hal itu disebabkan karena bayi terus mengalami pertumbuhan. Tubuh ibu sedang mulai beradaptasi dengan perubahan hormon tersebut.

PERUT IBU PADA KEHAMILAN DELAPAN MINGGU

Banyak ibu hamil yang bertanya-tanya, kehamilan delapan minggu ukuran perut seharusnya sebesar apa yah? Jika saat kehamilan delapan minggu, perut hanya menggendut sedikit merupakan hal yang normal. Setiap ibu berbeda-beda. Pada kehamilan delapan minggu, rahim mulai berkembang, namun ada beberapa ibu yang belum terlihat perutnya. Namun jika ibu hamil kembar, biasanya perut ibu sudah mulai terlihat.

Berat badan ibu pada kehamilan delapan minggu mungkin sudah meningkat sebanyak empat sampai enam kilogram. Namun jika ibu mendapatkan morning sickness yang sangat parah, kemungkinan ibu belum ada peningkatan berat badan. Hal tersebut normal, selama ibu melakukan kunjungan kehamilan sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Karena dokter kandungan akan terus memantau perkembangan janin.

USG KEHAMILAN DELAPAN MINGGU

Pada saat USG, ibu mungkin sudah bisa melihat tangan dan kaki janin yang bergerak-gerak. Pada usia kehamilan delapan minggu, jari dan tangan mulai terbentuk. Indra perasa janin juga mulai terbentuk dan siap untuk menikmati makan pertamanya.

Selain tangan, kaki dan indra perasa yang mulai terbentuk, akar gigi sulung, tulang-tulang sendi, dan sel tulang juga sudah mulai menggantikan tulang rawannya. Sidik jari janin juga sudah mulai terbentuk.

Beberapa dokter kandungan sudah mulai menyarankan untuk melakukan tes darah, untuk mengetahui Rh positif atau negatif untuk mencegah adanya komplikasi. Selain itu, untuk melihat tingkat hormon dan tingkat sel darah merah dan putih ibu. Dokter juga akan memeriksa ada atau tidaknya Hepatitis B, HIV atau kekebalan tertentu. Sample urin diperiksa juga untuk memeriksa kadar glukosa dan protein untuk mencegah diabetes gestasional dan preeklampsia.

Baca artikel mengenai :

Preeklampsia

YANG HARUS DILAKUKAN

1. Mengkonsumsi vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil

2. Perbanyak istirahat dan selalu sediakan cemilan disekitar ibu

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Semoga artikel tentang Perkembangan Janin Delapan Minggu bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel terkait :

By | 2018-03-15T02:55:24+00:00 Maret 2nd, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment