Tujuh Hal Penting Mengenai Makan Bersama Keluarga

Selama 20 tahun terakhir, puluhan penelitian telah menyatakan apa yang orang tua dahulu kenal sejak lama, yaitu duduk untuk makan malam bersama sebagai satu keluarga, sangat baik untuk jiwa, otak dan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa makan malam bersama erat kaitannya dengan perilaku remaja, diantaranya berkurangnya tingkat penyalahgunaan zat, berkurangnya tingkat gangguan makan, berkurangnya depresi, rata-rata nilai pelajaran yang lebih tinggi, dan meningkatnya rasa percaya diri. Selain itu, dengan makan malam bersama, para orang tua dapat mengajarkan anak mereka yang masih kecil untuk mengenal banyak kata-kata. Berikut ada Tujuh Hal Penting Mengenai Makan Bersama Keluarga

1. Tidak harus dilakukan setiap hari

Untuk mendapatkan hasil optimal, makan bersama tidak harus dilakukan setiap hari. Ayah dan ibu dapat mensiasatinya dengan makan bersama saat sarapan, saat akhir pekan, dan lain-lain. Yang paling penting saat makan bersama adalah komitmen setiap anggota keluarga hadir untuk makan bersama, dilakukan dengan senang hati, dan berdiskusi banyak hal.

2. Memasak bersama

Dengan perkembangan digital yang begitu pesat, banyak permainan yang dapat dilakukan secara online. Namun dampaknya, orang dewasa dan anak-anak telah kehilangan banyak kesempatan untuk bermain dengan benda nyata, yang bisa disentuh, dicium dan dikembangkan. Memasak bersama dan menyiapkan makanan adalah aktivitas yang baik dilakukan oleh anggota keluarga. Ibu bisa bermain sambil memasak dan menyiapkan makanan. Contoh sebelum memasak, ibu bisa mengajak anggota keluarga untuk berbelanja bersama. Setelah itu, ibu bisa mengajak anak-anak untuk memasak bersama dan mengenalkan bumbu-bumbu pada anak. Hal ini baik untuk melatih indra penciumannya. Selanjutnya, pada saat menyiapkan makanan, ibu dapat membiarkan anak-anak untuk mengkreasikan tampilan makanan yang diinginkan.

3. Bisa Dilakukan, Meskipun Orangtua dan Anak Sibuk

Saat ini baik ayah maupun ibu, sama-sama bekerja mencari uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tidak hanya orangtua, kegiatan sekolah pun menuntut anak untuk menghabiskan waktu disekolah. Walaupun orangtua dan anak-anak sama sibuk, sebaiknya luangkan waktu di malam hari untuk makan bersama. Jika pada saat makan malam tidak bisa berkumpul, orangtua dapat mensiasati dengan berkumpul saat malam hari dimana semua anggota keluarga sudah berada dirumah. Berkumpul bersama diruang tamu untuk bernyanyi bersama, menonton televisi, atau sekadar bercerita. Berkumpul bersama dapat menciptakan relasi yang kuat antara orangtua dan anak.

4. Makan malam sebagai tempat untuk menunjukkan bakat dan pengajaran ilmu 

Makan malam bersama atau sekadar berkumpul bersama, merupakan tempat yang bagus untuk anak-anak untuk menunjukkan bakat mereka dan tempat orangtua mengajarkan banyak ilmu kepada anak. Orangtua dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk mengajarkan anak-anak untuk dapat mengerti aturan-aturan perilaku dalam keluarga atau bersosialisasi. Misalnya, tidak berkomentar negatif saat makan malam, atau bagaimana tutur kata yang baik saat bersosialisasi dengan orang-orang sekitar.

5. Saling bercerita

Meja makan adalah tempat terbaik untuk bercerita. Misalnya orangtua dapat bercerita mengenai bagaimana dulu disekolah, apakah menjadi juara kelas, menjadi anak yang baik, mengatasi teman yang tidak suka dengan kita saat disekolah, dan lain-lain. Cerita-cerita dari orangtua dapat memberikan inspirasi untuk anak dan membantu anak memahami dunia. Selain bercerita tentang pengalaman ayah dan ibu, ayah atau ibu juga bisa menceritakan mengenai anggota keluarga lainnya. Atau bisa menceritakan mengenai hewan peliharaan ayah atau ibu sewaktu kecil, rumah sewaktu kecil, atau kejadian lucu-lucu saat kecil. Selain dari orangtua yang bercerita, anak-anak juga dapat menceritakan loh kejadian yang mereka temui di sekolah.

6. Orangtua dan anak tetap terhubung

Percakapan yang terjadi saat makan bersama atau berkumpul adalah bahasa terkaya yang dapat diberikan ayah dan ibu kepada anak-anak. Cobalah ayah dan ibu menanyakan “Bagaimana hari ini disekolah, apakah hari ini menyenangkan”. Jika anak sedang memiliki masalah, waktu bersama adalah waktu yang tepat untuk berdiskusi. Saat anak mulai terbiasa terbuka dengan orangtua, dapat menghindarkan mereka dari perilaku-perilaku yang tidak baik.

7. Baik untuk ayah dan ibu

Makan malam bersama sangat baik untuk ayah dan ibu juga. Hari-hari ayah dan ibu yang melelahkan terbayar saat bisa duduk makan malam bersama dengan anak-anak. Mendengar celotehan mereka, sama-sama bersuka cita, dan berdiskusi bersama.

Sekian artikel mengenai Tujuh Hal Penting Mengenai Makan Bersama Keluarga, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

By | 2018-01-08T06:43:46+00:00 Januari 8th, 2018|Kecerdasan & Pertumbuhan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment