Migrain Saat Hamil

Salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil adalah migrain atau sakit kepala sebelah. Meskipun migrain ini tidak dialami oleh semua ibu hamil. Migrain biasanya disertai dengan mual, muntah, nafsu makan hilang atau tubuh menjadi lemas. Ibu yang sebelum hamil sering mengalami migrain, biasanya saat hamil migrain bertambah parah atau justru hilang sama sekali. Dalam artikel ini, Little Boss World akan membahas mengenai Sering Migrain Saat Hamil, semoga bermanfaat.

DEFINISI MIGRAIN

Migrain adalah nyeri pada bagian kepala, baik tingkat sedang maupun parah, yang terasa berdenyut dan mengenai sebelah sisi kepala saja. Migrain lebih sering terjadi pada wanita, dibandingkan pria.

GEJALA MIGRAIN

1. Kepala terasa nyeri dan berdenyut, dengan intensitas sedang sampai hebat.

2. Nyeri kepala akan semakin terasa berat jika disertai dengan aktivitas fisik

3. Nyeri kepala dirasakan di satu bagian kepala, namun untuk beberapa kasus muncul pada kedua sisi kepala

4. Nyeri biasanya dirasakan di daerah kepala, dahi, pelipis, telinga, dan leher.

5. Nyeri bertambah parah dalam satu sampai dua jam, dan cenderung menjalar ke bagian belakang kepala

6. Nyeri berlangsung selama empat jam sampai tiga hari. Nyeri umumnya berkurang dan hilang dalam satu hari atau setelah tidur.

7. Mual, kadang disertai dengan muntah, dan hilang nafsu makan

8. Lebih peka terhadap rangsangan cahaya dan suara. Jika migrain sedang kambuh, biasanya pendertita lebih nyaman berada diruang gelap dan tidak berisik.

PENYEBAB MIGRAIN SAAT HAMIL

Untuk ibu hamil yang sering mengalami migrain, ibu bisa mulai mengenali pemicunya. Beberapa pemicu tiap ibu berbeda, ada penyebab yang dapat dikontrol ada juga yang tidak dapat dikontrol

PENYEBAB YANG TIDAK DAPAT DIKONTROL

Perubahan cuaca

Perubahan tekanan udara

Perubahan hormon selama kehamilan

PENYEBAB YANG DAPAT DIKONTROL

Cahaya terang

Suara berisik

Bau bahan kimia yang terlalu menusuk

Asap rokok

Makanan dan minuman tertentu, yaitu tiramin yang terdapat pada anggur merah, bir, alkohol, keju fermentasi, aspartam, MSG, nitrit, intoleransi laktosa, daging yang diproses, ikan kering, coklat dan kacang-kacangan

Kurang tidur

Alergi

Stress

Lapar

Dehidrasi

CARA MENGATASI MIGRAIN SAAT HAMIL

1. Obat

Obat yang boleh dikonsumsi selama kehamilan adalah Paracetamol. Hindari obat-obatan selain Paracetamol agar tidak menganggu kesehatan janin. Jika ibu ragu, berkonsultasilah ke dokter kandungan.

2. Gaya hidup

Dengan cara makan secara teratur, istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, hindari merokok dan minum alkohol.

3. Kelola stress dengan baik

Stress dapat dikelola dengan cara berkonsultasi dengan suami dan keluarga mengenai keluhan-keluhan dan ketidaknyamanan selama kehamilan, pijat, meditasi, yoga, dan mengikuti kelas senam kehamilan.

4. Olahraga secara teratur

Lakukan olahraga yang sesuai untuk ibu hamil.

Baca artikel mengenai : Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

5. Kompres

Pada saat migrain kambuh, kompreslah dengan menggunakan air dingin di bagian yang nyeri. Hal ini dilakukan untuk membantu menyempitkan pembuluh darah.

DAMPAK MIGRAIN PADA KEHAMILAN DAN JANIN

Migrain tidak berdampak pada kehamilan dan janin, selama ibu tidak mengkonsumsi obat-obatan selain Paracetamol. Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan migrain pada ibu menyebabkan keguguran, kematian janin, dan kelainan kongenital. Terdapat penelitian di Amerika Serikat yang mengatakan bahwa ibu hamil yang menderita migrain berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti stroke, jatung, preeklampsia dan masalah vaskular. Pada ibu hamil yang terserang migrain, disarankan untuk melakukan pencegahan dengan cara alami, daripada mengkonsumsi obat-obatan

Baca artikel mengenai : Preeklampsia

HUBUNGI DOKTER JIKA :

  1. Nyeri kepala, disertai dengan penglihatan yang kabur
  2. Nyeri kepala berat
  3. Nyeri kepala, disertai demam dan leher terasa kaku
  4. Nyeri kepala, disertai dengan penyumbatan hidung dan tekanan dibawah mata dan gigi
  5. Nyeri kepala setelah membaca atau melihat layar komputer

Sekian artikel mengenai Sering Migrain Saat Hamil, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

By | 2018-01-05T11:13:15+00:00 Januari 4th, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment