Membersihkan Puting Susu Saat Hamil

Jika ibu sudah membaca cerita saya di Sharing Times belum lama ini, ketika saya di opname di rumah sakit, ada salah satu suster yang mengatakan agar saya membersihkan puting susu untuk persiapan menyusui nantinya. Lalu pertanyaannya, membersihkan puting susu saat hamil ini bolehnya di usia kehamilan berapa sih? Bagaimana caranya? Dalam artikel ini, Little Boss World akan mengulas secara lebih mendetail informasi mengenai Membersihkan Puting Susu Saat Hamil. Semoga bermanfaat.

Baca Sharing Times mengenai :

Kontraksi Dini Pada Kehamilan 35 Minggu

Merawat payudara saat hamil sering dilupakan oleh para ibu, padahal ternyata hal ini sangatlah penting. Puting payudara yang bersih sangat penting untuk kelancaran ASI pada saat atau setelah melahirkan. Pada saat hamil, payudara ibu mengalami perubahan, diantaranya terasa lebih kecang, lebih besar, dan lebih penuh. Menjelang persalinan, berat payudara bisa mencapai 1,5 kali lebih berat dibanding sebelum ibu hamil. Yang paling jelas adalah daerah puting susu dan aerola menjadi lebih gelap.

Nah, saat menjelang persalinan inilah biasanya muncul bintik-bintik putih disekitar aerola, yang harus dibersihkan. Bintik-bintik putih ini mengandung kelenjar yang memproduksi minyak, yang berfungsi untuk memberikan minyak dan melindungi puting susu ibu saat menyusui nantinya.

PERAWATAN PAYUDARA SAAT HAMIL

Perawatan payudara sendiri dianjurkan saat usia kehamilan memasuki 37 minggu. Jika dilakukan lebih awal dapat mengakibatkan rangsangan puting, yang berujung pada timbulnya kontraksi raham. Kontraksi yang terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu dapat mengakibatkan kelahiran prematur pada bayi.

Berikut beberapa cara perawatan payudara saat hamil :

1. Pemijatan

Caranya, siapkan baskom berisi air hangat, minyak kelapa (atau baby oil), handuk dan kapas. Bersihkan payudara dengan menggunakan air, lalu pijat dengan menggunakan minyak kelapa (atau baby oil). Cara memijatnya adalah dengan menggunakan kedua tangan, pijat payudara secara memutar, searah jarum jam, dan kemudian balik arah. Pemijatan berikutnya adalah dari bawah menuju puting, namun hindari memijat daerah puting. Sebaiknya lakukan sebelum mandi, supaya minyak dapat dibersihkan. Keringkan dengan menggunakan handuk.

2. Senam Secara Teratur

Senam dapat membantu untuk memperkuat otot pektoralis di dada, yang berfungsi untuk memadatkan payudara dan merangsang produksi ASI. Senam ini bisa dilakukan dirumah, yaitu :

  • Posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku. Dan sebaliknya, tangan kiri memegang lengan bawah kanan. Kemudian tekan kuat-kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan. Rasakan tarikannya pada otot-otot di dasar payudara. Lemaskan kembali, lakukan sebanyak 30 kali.
  • Pegang ke dua bahu dengan masing-masing tangan. Putar siku ke depan, tempelkan lengan bagian dalam mengurut (me-massage) payudara ke arah atas, Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

Senam ini juga dapat terus dilakukan pada saat menyusui, saat bayi sudah lahir nantinya.

3. Menggunakan Bra Yang Sesuai

Pada saat hamil, ukuran payudara membesar. Belilah bra khusus hamil. Carilah ukuran yang sesuai dengan payudara ibu agar nyaman digunakan. Pilihlah bra yang berbahan katun sehingga nyaman dan dapat menyerap keringat. Pilih juga bra yang memiliki tali pengikat yang lebar, sehingga dapat menyangga payudara dengan baik.

Semoga artikel tentang Membersihkan Puting Susu Saat Hamil bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel mengenai :

By | 2018-03-27T04:51:24+00:00 Maret 27th, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment