Manfaat Berjemur Bagi Bayi Yang Baru Lahir

Berjemur dibawah sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan. Setelah dilahirkan ke dunia, fungsi hati bayi belum sempurna karena dalam proses pengolahan bilirubin, dimana kadar bilirubin dalam darah masih sangat tinggi dan hal ini yang menyebabkan bayi kuning. Salah satu cara mengatasi bayi kuning adalah dengan berjemur dibawah matahari pagi. Sebaiknya jemur si kecil setiap hari pada pukul tujuh pagi sampai delapan pagi, dimana matahari belum terlalu menyengat. Kita juga akan membahas Manfaat Berjemur Bagi Bayi.

CARA MENJEMUR BAYI

Adapun cara-cara menjemur bayi agar mendapat hasil yang optimal, diantaranya :

1. Pilihlah Waktu Yang Tepat

Jemurlah si kecil setiap hari pada pukul tujuh sampai delapan pagi, selama kurang lebih 15 menit. Karena kulit bayi masih sangat sensitif, hindari menjemur diatas jam delapan pagi. Karena sinar matahari setelah jam delapan pagi mengandung sinar ultraviolet (UVA dan UVB) yang dapat menyebabkan kerusakan pada membran kulit, membuat kulit si kecil merah, menimbulkan sensasi terbakar, dan dapat merusak mekanisme regenerasi sel kulit.

2. Jemur Bayi Dalam Keadaan Telanjang

Telanjang dalam arti si kecil hanya menggunakan popok dan celana. Cara ini bertujuan agar bagian dada dapat terkena sinar matahari sehingga dapat membantu melonggarkan pernafasan.

3. Bolak Balik Tubuh Bayi Saat Dijemur

Hal ini supaya bagian punggung bayi juga dapat terkena paparan sinar matahari

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung Ke Mata Bayi

Diusahakan agar mata si kecil membelakangi paparan sinar matahari atau bisa diberi penutup mata (kacamata sunglasses). Hal ini supaya bayi terhindar dari risiko kerusakan lensa atau retina matanya.

5. Memilih Lokasi Yang Tepat

Menjemur bayi tidak harus dilakukan diruangan terbuka yang langsung terkena paparan sinar matahari, tetapi bisa dilakukan diruangan yang terkena paparan sinar matahari.

6. Menjemur Bayi Tidak Memandang Usianya

Menjemur bayi yang berusia kurang dari satu minggu bermanfaat untuk menghindari bahaya bayi kuning. Namun setelah kadar bilirubin normal, kebiasaan menjemur dapat terus dilakukan. Karena salah satu manfaatnya adalah mendukung pertumbuhan tulang bayi.

7. Bayi Yang Lahir Prematur Sebaiknya Tidak Dijemur

Minggu-minggu pertama pasca dilahirkan, bayi prematur memerlukan suhu yang stabil. Oleh karenanya tidak boleh dijemur dibawah sinar matahari pagi karena dapat menimbulkan efek yang membahayakan keselamatannya.

8. Jangan Biarkan Bayi Sendirian Saat Dijemur

Sebaiknya pada saat dijemur, si ibu juga melakukan interaksi dengan si kecil. Misalkan dengan melakukan pijatan atau komunikasi dengan si kecil.

9. Waspadai Bahaya Hipertemi

Kondisi sinar matahari yang terlalu terik dapat menimbulkan efek hipertemi (peningkatan suhu tubuh) pada bayi, yang dapat mengakibatkan gangguan fungsi organ tubuh bayi seperti otak dan sistem metabolisme tubuh bayi. Disarankan untuk mengurangi waktu menjemur bayi jika sinar matahari terlalu terik

10. Sebaiknya Dilakukan Sebelum Bayi Mandi

Agar saat mandi, si kecil bisa lebih bersih

11. Susui Setelah Menjemur Si Kecil

Pada saat dijemur si kecil mengalami dehidrasi sehingga setelah dijemur memerlukan ASI atau air putih

MANFAAT MENJEMUR BAGI BAYI

Berikut manfaat Manfaat Berjemur Bagi Bayi dan anak:

1. Menghindari Bayi Kuning

Bayi baru lahir berisiko mengalami kuning karena kadar bilirubinnya mulai naik pada hari ketiga sampai kelima, dan akan menurun ketika berusia tujuh sampai sepuluh hari.Manfaat sinar matahari pagi dapat membantu memecah bilirubin dalam darah bayi sehingga kadar bilirubin menurun dan kembali normal

2. Memperkuat Tulang Bayi

Sinar matahari mengandung vitamin D yang berperan untuk membantu kalsium agar mudah terserap dalam darah dan akan menyatu tulang, untuk memperkuat tulang.

3. Menghangatkan Tubuh Bayi

Menjemur bayi di bawah sinar matahari dapat membantu menghangatkan tubuhnya, terutama untuk bayi yang memiliki risiko alergi. Sinar matahari membantu menghilangkan lendir yang masih tertinggal dalam saluran pernapasannya.

4. Menghindari Stress Pada Bayi

Terdapat kemungkinan bayi stress pasca dilahirkan. Ditandai dengan menangis terus menerus tanpa ada gejala penyakit atau setelah dikonsultasikan ke dokter. Sinar matahari dapat membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh bayi yang dapat membantu melawan stress bayi.

Semoga artikel mengenai Manfaat Berjemur Bagi Bayi bermanfaat. Sehat terus untuk ibu dan bayinya. Mari berbagi pengalaman dengan menuliskan comment di bawah. Comment dari ibu-ibu dapat membantu ibu-ibu lainnya loh. Terima kasih.

By | 2018-03-13T04:55:36+00:00 Agustus 5th, 2017|Nutrisi & Kesehatan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment