Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Hallo sesama moms to be atau moms semua..ketemu lagi dalam Sharing Times yang kedua. Kali ini saya mau membagi pengalaman kehamilan mengenai Berat Badan Saat Hamil. Bagi-bagi cerita dong moms to be atau moms semua, kehamilannya menginjak usia berapa dan naik berapa kg nih?

Sebenarnya, salah satu perhatian saya di masa kehamilan ini adalah masalah berat badan moms. Kenapa? Ayo siapkan keripik dan minumnya.

Jadi, dari kecil sampai saya menginjak Sekolah Menengah Atas, saya ini termasuk anak yang gemuk. Karena gemuk tersebut, disaat teman-teman perempuan pada mulai bergaya, saya tetap dengan penampilan baju dan jeans yang kebesaran. Alasannya tentu saja tidak percaya diri pakai baju dan celana yang ketat-ketat.

Namun, semakin bertambah usia, bentuk badan pun menjadi bertambah proporsional. Bukan badan yang kaya gitar spanyol yah moms, ya masih bisa lah pakai baju ukuran S atau M. Pemilihan baju pun berubah, walaupun tetap tidak pakai yang ketat-ketat, tapi ya lumayan lah ke arah perempuan moms.

Ya, intinya, karena badan semakin proporsional, saya merasa semakin percaya diri. Dalam hal berpakaian maupun berinteraksi dengan sekitar. Sebelum hamil ini, sepertinya makan dalam batas normal ya berat badan di angka segitu-gitu saja. Gimana saat hamil? Jeng..jeng..jeng…jeng…

Saat pertama tahu hamil ini, saya menyadari kalau badan pasti melar dan berat badan pasti melambung. Tapi apakah bisa dikontrol?

Semoga. Hahaha…

Karena ini menjadi perhatian utama saya, mulailah saya baca-baca. Ternyata bisa lho moms, karena kenaikan berat badan itu ada ukurannya, ada indexnya. Di akhir Sharing Times ini, saya bagikan ke moms to be semua yah link artikelnya. Jadi, saya ikutin aja.

Oh ya moms, walaupun ikut ukuran index, badan pasti tetap melar, pinggang membesar, dan payudara membesar.

Saya juga terheran-heran, walaupun sudah diatur sedemikian rupa pola makannya, makan juga normal, berat badan jadi mudah sekali meningkat.

Selain itu, saya juga konsultasi dengan dokter kandungan, dan beliau menyarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat saat makan malam dan mengganti dengan konsumsi banyak buah dan sayur. Selain dari makan, saya juga masih cardio di tempat gym moms. Minimal seminggu dua kali. Walaupun kecepatannya cuma seperti jalan biasa dan datar (jangan diatur yang climbing ya moms kalau mau cardio saat hamil).

Ada aplikasi android yang saya gunakan juga sebagai patokan kenaikan berat badan setiap dua minggu kehamilan. Nama aplikasinya BukuBumil. Bukan endorse ya moms, cuma membagi pengalaman berdasarkan apa yang saya gunakan.

Di aplikasi BukuBumil ini ada minimal dan maksimal berat badan berdasarkan usia kehamilan. Pssst…..saya kelebihan satu kg dibandingkan ukuran maksimal nya. Namun dalam indeks BMI masih dalam batas normal.

Saya dapat informasi dari rekan-rekan juga, menjaga kenaikan berat badan ini sangat penting apalagi untuk yang berencana melahirkan secara normal. Karena cerita dari teman-teman, kenaikan berat badan yang berlebih bisa menyebabkan bayinya besar moms. Nanti jadi susah keluar kalau kita mau melahirkan secara normal.

Keterangan : Icon aplikasi BukuBumil

Banyak pro kontra? ya.

Banyak yang bilang ngaco, jangan, makan dua kali lipat dan sebagainya dari lingkungan sekitar.

Jadi saran saya, tetap lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan sesuai jadwal yang ditentukan, pastikan perkembangan janin (dokter kandungan saya bilang bayinya cukup besar jika melihat usia kandungan saya), kesehatan janin, dan bertanyalah sebanyak-banyaknya pada saat konsultasi dengan dokter kandungan. Bertanyalah informasi-informasi yang ingin moms ketahui tentunya.

Dan yang terakhir, sebelum mengambil keputusan, terutama pada saat kehamilan, saya biasa akan memperbanyak informasi dan berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

Memang sih, saat hamil ini rasanya lapar terus. Apalagi trimester pertama dikarenakan saya tidak merasakan morning sickness. Kalau orang-orang bilang trimester kedua lagi enak-enaknya makan ya moms. Hahaha….

Tentunya persiapan buah dan yoghurt dikulkas banyak moms. Jadi kalau lapar tinggal makan buah atau yoghurt.

UPDATE AHH

Bulan Febuari 2018, usia kehamilan menginjak 32 minggu. Wah sudah masuk bulan delapan nih moms. Dag dig dug duer (sorry out of topic), Hahaha…

Usia kehamilan 32 minggu, berat badan sudah meningkat 11 kilogram. Bagaimana dengan moms semua?

Semoga Sharing Times mengenai Berat Badan Saat Hamil ini bermanfaat yah buat moms to be semua. Kalau moms semua, waktu hamil naiknya banyak ga sih? Apakah kenaikan barat badan saat hamil ini juga merupakan salah satu perhatian moms? Sharing yuk di kolom comment dibawah.

Baca artikel terkait :

By | 2018-02-12T08:39:56+00:00 Desember 22nd, 2017|Sharing Times|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment