Kehamilan Kembar Rentan Melahirkan Secara Prematur

Beberapa waktu belakangan ini, ada beberapa kenalan yang kebetulan sedang mengandung bayi kembar dua. Dan mayoritas diantaranya, melahirkan secara prematur. Lalu terlintas pertanyaan, apakah kehamilan kembar selalu lahir prematur? Dalam artikel ini, Little Boss World akan mengulas mengenai Kehamilan Kembar Rentan Melahirkan Secara Prematur. Yuk sama-sama belajar, semoga bermanfaat.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum usia kehamilan ibu menginjak 37 minggu. Kelahiran prematur ini sebenarnya memiliki risiko untuk bayi yang dilahirkan, karena ada beberapa bagian bayi yang belum sempurna. Bayi yang lahir secara prematur akan masuk ke NICU, dan boleh keluar sampai organ-organnya tumbuh dengan sempurna dan berat badan mencapai batas yang ditentukan oleh dokter.

Kehamilan kembar sendiri menyumbang faktor dibalik kelahiran prematur. Semakin tinggi jumlah anak kembar yang dikandung ibu, semakin tinggi risiko ibu melahirkan secara prematur. Pada umumnya, ibu yang mengandung kembar dua, melahirkan pada usia kehamilan 34-36 minggu. Jika ibu mengandung kembar tiga, kemungkinan ibu melahirkan pada usia kehamilan 32-36 minggu.

KehamilanRata-rata Usia PersalinanRata-rata Berat Bayi Yang Dilahirkan
Tunggal38,6 minggu3.300 gram
Kembar Dua35 minggu2.300 gram
Kembar Tiga32 minggu1.660 gram
Kembar Empat30 minggu1.300 gram

BEBERAPA FAKTOR YANG MENYEBABKAN KELAHIRAN PREMATUR

1. Preeklampsia

Kehamilan kembar berisiko membuat ibu memiliki tekanan darah tinggi hingga dua sampai tiga kali lipat dibandingkan ibu yang tidak hamil kembar. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan tekanan darah selama hamil membuat plasenta bekerja lebih keras untuk mensuplai makanan secara merata kepada janin-janin di dalam kandungan

Baca artikel mengenai :

Preeklampsia

2. Usia Kehamilan

Kelahiran prematur berisiko pada ibu yang mengandung pada usia 16 tahun dan lebih dari 35 tahun.

Baca artikel mengenai :

Usia Ideal untuk Hamil

Usia Ideal Untuk Hamil dan Melahirkan

3. Gaya Hidup Selama Hamil

Selama hamil, ibu harus menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Menjaga pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara makan yang bergizi, olahraga secara teratur (pilih olahraga yang sesuai untuk ibu hamil), dan istirahat yang cukup. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merolkok, mengkonsumsi minum-minuman keras, batasi konsumsi kafein, dan sebagainya.

Baca artikel mengenai :

Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

4. Berbagi Plasenta

Kehamilan kembar dibagi menjadi dua tipe, yaitu masing-masing janin mempunyai satu plasenta dan kehamilan kembar yang memiliki satu plasenta. Jika ibu hamil kembar dan hanya memiliki satu plasenta, kondisi inilah yang harus mendapatkan perhatian.

5. Kantung Ketuban Pecah

Ada beberapa kasus dimana pada saat kehamilan, kantung ketuban pecah terlebih dahulu, terutama rentan terjadi pada kehamilan kembar. Jika ibu sudah mengalami pecah ketuban, maka bayi harus segera dilahirkan.

6. Janin Tidak Berkembang Di Dalam Kandungan (IUGR)

IUGR merupakan kondisi dimana salah satu janin terlalu kecil atau kedua janin tidak tumbuh dengan sempurna. Hal ini kemungkinan disebabkan karena adanya masalah pada plasenta, air ketuban sedikit, dan Twin-to-Twin Transfusion Syndrome (TTTS).

MENGENALI PERSALINAN PREMATUR

Hubungi segera dokter kandungan ibu, jika ibu sedang hamil kembar dan merasakan tanda-tanda dibawah ini :

1. Pecah ketuban (seperti rembesan pipis namun tidak bisa ditahan)

2. Perubahan discharge vagina (menjadi encer, seperti lendir, atau berdarah)

3. Meningkatnya jumlah discharge vagina

4. Sakit punggung bawah yang konstan

5. Kram perut (dengan atau tanpa diare)

6. Tekanan pelvis atau abdomen bagian bawah

7. Kontraksi secara teratur (seringkali tidak terasa sakit)

CARA MENCEGAH KELAHIRAN PREMATUR

Apakah kelahiran prematur pada kehamilan kembar bisa dicegah? Yah, paling tidak sebagai calon ibu kita harus mencoba melakukan yang terbaik untuk calon buah hati kita. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kelahiran prematur pada kehamilan kembar :

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan cara makan makanan yang bergizi, olahraga secara teratur (pilihlah olahraga yang sesuai untuk ibu hamil), dan hindari kebiasaan buruk (Seperti merokok, minum-minuman keras, dan lain-lain). Selain itu, ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak istirahat.

2. Tetap Tenang Dalam Menjalani Kehamilan

Rasa cemas dan stress yang terlalu tinggi dapat menyebabkan bayi lahir secara prematur

3. Berkonsultasi Pada Dokter Kandungan Sesuai Jadwal

Periksalah kandungan ibu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Konsultasikan apabila ibu memiliki keluhan-keluhan kehamilan. Supaya dokter bisa mencari penyebabnya dan langsung bisa mencari penyelesaiannya

Kelahiran prematur sangat rentan terjadi pada kehamilan kembar. Jika ada indikasi ibu akan melahirkan prematur, biasanya dokter akan memberikan obat Kortikosteroid, yang berguna untuk membuat paru-paru dan organ bayi lainnya matang. Selain itu, ibu juga akan diberi obat Tokolitik yang berfungsi untuk menunda persalinan dalam waktu singkat. Tokolitik ini diberikan supaya kinerja dari Kortikosteroid maksimal.

Semoga artikel tentang Kehamilan Kembar Rentan Melahirkan Secara Prematur bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel mengenai :

By | 2018-03-13T04:11:36+00:00 Maret 12th, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment