Cara Menambah Tinggi Badan Anak

Ketika anak bertambah usia, mereka akan mulai memperhatikan penampakan fisik mereka. Salah satunya yang sering diperhatikan oleh anak-anak adalah tinggi badan. Kenapa? karena tinggi merupakan sesuatu yang terukur dan diperhatikan sebagai bagian dari perkembangan anak dari balita sampai mereka mencapai tinggi yang maksimal.

Anak-anak mulai memperhatikan dirinya mengenai bagaimana cara agar mereka bisa tumbuh lebih tinggi atau setara dengan teman-temannya. Bayangkan saja ketika anak ikut pelajaran olahraga, misalnya basket yang membutuhkan tinggi badan sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi kemampuan dalam bermain. Olahraga lainnya misalkan berenang, dimana anak anda bisa memulai di kolam dangkal, dan ketika mereka bertambah besar mereka akan mencoba ke kolam yang lebih dangkal. Disinilah peran orang tua dibutuhkan untuk membantu anak dalam  menambah tinggi badannya.

Sebagai orang tua, kita harus mengupayakan dan memikirkan hal apa saja yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan anak. Walaupun tinggi maksimum seseorang dipengaruhi dari gen orang. Pada dasarnya anak-anak yang memiliki orang tua yang tinggi maka mereka rata-rata akan tumbuh tinggi serupa dengan orang tuanya. Berikut ini adalah beberapa Cara Menambah Tinggi Badan Anak.

  1. Pertumbuhan Terjadi Saat Anak Tertidur

Tidur adalah satu hal yang sangat penting dalam pertumbuhan fisik dan mental seorang anak. Jika ibu berpikir bagaimana anak bisa bertambah besar dengan hanya tidur? ya, hormon pertumbuhan anak akan mulai berkembang ketika mereka tertidur. Maka dari itu, ibu harus memberi kesempatan pada anak kita untuk bisa tidur untuk berkembang dan fit kembali.

Berikut adalah data kebutuhan tidur anak :

  • Bayi baru lahir sampai usia empat bulan  membutuhkan waktu tidur 16 -18 jam dalam sehari
  • Bayi usia empat sampai duabelas bulan membutuhkan waktu tidur 12 – 16 jam dalam sehari
  • Balita usia satu sampai dua tahun  membutuhkan waktu tidur 11 – 14 jam dalam sehari
  • Balita usia tiga sampai lima tahun membutuhkan waktu tidur 10 – 13 jam dalam sehari
  • Anak usia enam sampai duabelas tahun  membutuhkan waktu tidur 9 – 12 jam dalam sehari

Pastikan anak memperoleh cukup waktu tidur agar perkembangannya bisa maksimal.

Baca juga artikel mengenai : Perkembangan Bayi Saat Tidur

       2. Asupan Nutrisi Yang Tepat

Pemilihan diet yang tepat untuk anak tidak hanya membuatnya kuat dan sehat, tetapi akan membantu kemampuan mereka dalam bertumbuh. Dengan jumlah asupan protein yang cukup, tidak terlalu berlebihan namun secukupnya maka akan  memberikan cukup perbedaan. Rata-rata orang Indonesia lebih mengutamakan asupan karbohidrat seperti nasi, memang hal ini tidak salah namun jumlahnya harus disesuaikan dan harus diutamakan asupan proteinnya. Selain itu, ibu juga harus memberikan banyak asupan Vitamin dan juga Mineral melalui buah-buahan dan sayuran.

Berdasarkan penelitian para ahli makanan seperti telur memberikan hasil yang maksimal dalam pertumbuhan anak. Yang dianjurkan adalah memakan makanan yang rendah kalori, namun tinggi protein ( Telur merupakan pilihan terbaik dalam penelitan karena harganya yang terjangkau dan dapat dibeli di mana-mana)

       3. Dibantu Dengan Olahraga Yang Mendukung Pertumbuhan Tinggi Badan

Cara Menambah Tinggi Badan Anak

Olahraga membantu badan bertambah kuat, melawan obesitas dan meningkatkan pertumbuhan otot. Pada saat yang sama aktivitas fisik ini membantu perkembangan hormon pertumbuhan dan memberikan hasil tidak hanya kuat tapi tulang yang lebih panjang. Stretching atau perenggangan juga membantu memperpanjang tulang punggung, postur yang baik, dan menjadi lebih tinggi.

Contoh olahraga yang baik untuk perkembangan tinggi badan anak adalah

  • Stretching
  • Pull Up atau Pull Down
  • Yoga
  • Skipping
  • Jogging
  • Basket
  • Berenang

Orang tua memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan anak. Seorang anak yang sudah mulai memasuki sekolah tingkat dasar (SD), biasanya mulai mengenal bullying. Salah satu hal yang dapat menjadi objek bullying adalah tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan rata-rata. Oleh karena itu, sebagai orangtua kita harus berusaha optimal agar tinggi badan ini tidak menjadi objek bullying terhadap anak kita. Selain upaya, komunikasi merupakan hal yang terpenting untuk mencegah anak kita dari tindakan bullying.

Semoga artikel mengenai dapat bermanfaat

Makanan bayi sesuai tingkatan usia

Baca artikel lainnya : Makanan Bayi Sesuai Tingkatan Usia

Mari berbagi pengalaman dengan menuliskan comment di bawah. Comment dari ibu-ibu dapat membantu ibu-ibu lainnya loh. Terima kasih.

By | 2017-12-02T09:02:37+00:00 November 29th, 2017|Kecerdasan & Pertumbuhan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment