Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi

Pertanyaan yang diucapkan oleh kebanyakan ibu hamil yang adiktif kopi nih. Dalam artikel ini, Little Boss World akan membahas seputar Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Selamat membaca.

Bolehkah ibu hamil minum kopi? Boleh, bu. Asalkan tahu batasannya. Ibu hamil yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat berpengaruh terhadap kehamilan dan janin. Yang harus dibatasi adalah kafein ya bu. Bukan hanya kopi saja yang mengandung kafein, namun ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung kafein. Sebagai ibu hamil harus rajin membaca komposisi ya.

TAKARAN IDEAL MENGKONSUMSI KAFEIN PADA IBU HAMIL

Dianjurkan ibu hamil mengkonsumsi kafein sebanyak 200 ml atau dua cangkir kopi instan dalam seharinya. Kafein dapat ditemukan pada kopi, teh, coklat atau lainnya.

Sebagai saran, ibu bisa mengganti konsumsi kafein dengan jus buah (jangan terlalu banyak gula), air kelapa, atau infused water.

Untuk lebih memastikan ibu, ibu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk takaran kafein yang boleh ibu konsumsi. Karena pada dasarnya, fisik, kemampuan, dan kondisi kehamilan setiap ibu hamil berbeda-beda.

RISIKO MENGKONSUMSI KAFEIN BERLEBIHAN PADA IBU HAMIL

Untuk yang tidak hamil, mengkonsumsi kafein secara berlebihan juga memiliki dampak buruk. Diantaranya jantung berdegup kencang, rasa cemas yang berlebih, kecanduan, susah tidur (insomnia), gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, migrain dan tremor. Berikut beberapa risiko mengkonsumsi kafein berlebihan pada ibu hamil :

1. Kafein dapat menembus plasenta ibu hamil dan berdampak pada janin.

Tubuh ibu mampu mencerna dan mengeluarkan kafein dari tubuh. Namun kemampuan metabolisme janin belum sempurna, sheingga pembuangan kafein dalam tubuhnya masih sangat lambat.

2. Dapat menyebabkan asam lambung

3. Anemia

4. Keguguran

5. Bayi lahir dengan berat rendah

MANFAAT MENGKONSUMSI KAFEIN BAGI IBU HAMIL

Ternyata kafein memiliki banyak manfaat lho untuk ibu hamil, jika dikonsumsi sesuai dosis yang disarankan

1. Membantu ibu mengontrol suasana hati (mood)

Mengkonsumsi kafein sesuai dosis dapat membantu ibu mengontrol suasana hatinya. Mood yang baik penting untuk ibu hamil, untuk menghindarkan stress selama kehamilan. Kopi juga baik untuk meminimalisasi ibu hamil yang mengalami depresi dan putus asa.

2. Menjaga stamina ibu hamil

Hal ini dikarenakan kafein mengandung zat stimultan atau zat psikoaktif. Setelah ibu mengkonsumsi kafein, diserap ke dalam aliran darah dan mengalir ke otak. Ketika aliran darah ibu lancar, bisa menciptakan energi di dalam tubuh ibu.

3. Membantu pembakaran lemak pada ibu hamil

Mengkonsumsi kopi sesuai dosis dipercaya dapat membantu pembakaran lemak sebanyak 10 persen. Hal ini dikarenakan kafein bisa membantu metabolisme didalam tubuh meningkat sampai 11 persen.

4. Mencegah lupa pada ibu hamil

Hal ini dikarenakan kafein bisa membantu aliran darah lancar menuju otak.

5. Mencegah timbulnya kanker

Hal ini dikarenakan kafein mengandung antioksidan, yang digunakan untuk menangkal sel kanker

6. Menormalkan tekanan darah pada ibu hamil

Kafein yang dikonsumsi sesuai dosis dapat membantu menormalkan tekanan darah, untuk ibu hamil yang memiliki tekanan darah rendah. Namun, tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi).

7. Membantu menormalkan gula darah pada ibu hamil

Mengkonsumsi kafein sesuai dosis dan tidak rutin dapat membantu membuat gula darah ibu hamil normal. Terutama jika mengkonsumsi kopi hitam. Ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang pahit karena dapat menganggu kesehatan janin.

8. Menghindari penyakit Kardiovaskular

Ibu hamil yang mengalami penyakit Kardiovaskular dapat mengalami komplikasi selama kehamilannya. Kopi dapat membantu ibu hamil terhindar dari penyakit Kardiovaskular.

TIPS CARA MENGURANGI MENGKONSUMSI KAFEIN SELAMA HAMIL

1. Jangan terlalu lama jika ibu seduh teh, paling lama satu menit. Memang rasa tehnya akan kurang terasa. Hal itu menandakan kandungan kafein juga berkurang.

2. Gunakan kopi instan. Karena kandungan kafein pada kopi instan lebih rendah dibandingkan kopi seduh. Perbanyak juga takaran airnya

Semoga artikel tentang Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi bisa bermanfaat.  Jangan lupa untuk meninggalkan kata-kata atau sekedar berbagi pengalaman pada kolom comment dibawah. Little Boss World sangat senang jika Dads dan Moms mau membagikan artikel ini di media sosial kalian.

Baca artikel mengenai :

By | 2018-02-15T06:11:32+00:00 Februari 14th, 2018|Kehamilan & Menyusui|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment