Aktivitas Untuk Melatih Pendengaran Si Kecil

Sebagai orang tua harus mulai belajar untuk mengenal cara belajar si kecil. Hal tersebut berguna untuk menerapkan strategi belajar yang tepat untuk si kecil. Kemampuan mendengarpun memerlukan latihan secara bertahap. Ibu perlu menstimulasi kemampuan mendengarnya sejak dini agar bisa berfungsi dengan baik. Berikut beberapa Aktivitas Untuk Melatih Pendengaran Si Kecil, berdasarkan tipe kemampuan belajarnya :

Tipe Auditory Learner ( Belajar Dengan Hanya Mendengar )

Anak dengan tipe Auditory learner adalah anak yang dapat menangkap pelajaran secara maksimal hanya dengan mendengakan saja. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pendengaran si kecil :

1. Sering-seringlah ajak si kecil bicara

Ceritakanlah hal-hal yang dibutuhkan oleh si kecil agar si kecil dapat menambah wawasan pengetahuannya. Bicaralah secara perlahan mengenai tugas dan kebiasaan si kecil yang harus dia lakukan setiap harinya. Si kecil sebenarnya memperhatikan apa yang dikatakan oleh ibu. Selain itu, ibu bisa mengajak si kecil berbicara sambil sesekali melakukan tanya jawab. Anak dengan tipe belajar ini tumbuh mandiri lebih cepat, karena dia mampu memahami dan mengingat apa yang ibu katakan dengan tepat dan cepat.

2. Mengajak si kecil pergi ke komunitas buku untuk anak

Komunitas buku untuk anak biasanya mengadakan story telling untuk anak. Disini si kecil berlatih untuk mendengar dan berdiskusi mengenai cerita apa yang sedang dibicarakan oleh story teller.

3. Mengajak membaca buku bersama dan lakukan interaksi

Kegiatan membaca buku bersama adalah salah satu cara belajar untuk auditory learner. Pada saat membaca buku ini jangan lupa lakukan interaksi dengan si kecil dan berikan pertanyaan-pertanyaan seperti, “kira-kira habis ini apa ya?” “kenapa ya bisa gini?”. Memberikan pertanyaan  merupakan salah satu latihan supaya si kecil fokus dan mengembangkan daya ingatnya.

4. Bermain sambung kata

Permainan ini bisa dimainkan dengan melibatkan seluruh anggota keluarga. Pilihlah kata-kata yang dapat dimengerti oleh si kecil. Hal ini dapat melatih pendengaran si kecil dan meningkatkan daya imajinasinya.

Tipe Physical Learner (Belajar Dengan Cara Mempraktekannya)

Tipe ini dapat belajar maksimal dan mampu menyerap informasi dengan cara mempraktekannya dan mengalaminya sendiri. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pendengaran si kecil :

1. Mendengarkan dan melakukan

Mintalah si kecil untuk mendengarkan dan fokus terhadap lirik lagunya. Misal ada lirik lagu “mari menari”, jadi saat kalimat tersebut terucap, ibu dan si kecil langsung menari.

2. Ajak si kecil memasak bersama

Ibu bisa mengajak si kecil dengan memasak bersama atau membuat kue bersama. Ibu bisa membacakan resep nya dan si kecil yang menakar bahan-bahan yang dibutuhkan, mencampurkan bahannya dan menuangkan bahannya ke loyang. Ini adalah salah satu Aktivitas untuk Melatih Pendengaran si Kecil.

Tipe Visual Learner ( Belajar Dengan Hanya Melihat )

Tipe ini dapat belajar maksimal dengan cara bantuan media visual (indra penglihatan). Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pendengaran si kecil:

1. Menonton video atau televisi

Ibu bisa menayangkan acara televisi atau video favorit si kecil, lalu pancing si kecil untuk menceritakan isi ceritanya

2. Mendengarkan Lagu

Dengarkan lagu dengan irama yang asik, sehingga dia bisa menari dan melatih kemampuan mendengarnya. Secara tak sadar, saat si kecil mempelajari gerakan tari, mereka secara tidak langsung juga berusaha mendengarkan lirik lagunya.

Banyak kan bu aktivitas yang dapat menstimulasi pendengaran si kecil? Ayo kenali cara belajar si kecil agar proses belajarnya maksimal.

Semoga artikel mengenai Aktivitas Untuk Melatih Pendengaran Si Kecil. Mari berbagi pengalaman dengan menuliskan comment di bawah. Comment dari ibu-ibu dapat membantu ibu-ibu lainnya loh. Terima kasih

By | 2018-03-28T08:04:17+00:00 Agustus 10th, 2017|Kecerdasan & Pertumbuhan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment